JOo Musics

JOo In The Midnight Blue

Sabtu, 31 Januari 2009

rekomend untuk kualitas drum

Saya sekarang secara ekslusive menggunakan Drum Yamaha Stage Custom Advantage dan hardware Yamaha termasuk Flying Dragon Double pedal.

Saya menggunakan 3 jenis setup yg masing-masing digunakan pada situasi yg berbeda. Yaitu, Opera Setup, Clinic setup dan Opera Heavy setup. Untuk cymbal tidak ada perubahan, jumlahnya tetap sama yaitu 9 cymbal termasuk 1 hihat, 2 stack cymbal, 2 china, 1 ride dan 3 crash. Dan terkadang china pada sebelah kiri saya ganti dengan light ride ukuran 18".

Setup detail:
Drums: Drum saya dilengkapi dgn 5 buah tom yg dimulai dari ukuran 10", 12", 13", 14" suspended floor tom dan 16" suspended floor tom. Snare kayu ukuran 14" dan 10". Serta 2 buah bass drum ukuran 17" x 22".
Hardwares: 3 piece CS945 (cymbal stand), 2 piece CSAT930 (cymbal attachment), 1 piece DFP9310 (double pedal), 2 piece FP7210 (single pedal), 2 piece WS 945 (tom holder dgn kaki) dan 3 CH745 (Cymbal holder).
Drumhead: All original Yamaha Drumhead tanpa muffling sedikitpun di seluruh drumnya.
Finishing: Lacquer Fade Blue Saphire dengan short lugs.

Kenapa drum YAMAHA?
Saya memilih drum Yamaha bukan karena di Endorse semata, tetapi karena tingginya kualitas drum Yamaha itu sendiri. Terus terang, Stage Custom Advantage merupakan middle class di product Yamaha, tapi kenyataannya middle class pada Yamaha mempunyai harga yg jauh lebih terjangkau daripada middle class merk lain. Dan kualitas suara dan fitur drum Yamaha sendiri dapat menyamai kualitas suara dan fitur pada drum kelas atas merk lain. I guaranteed that.
Tanpa perlu mengganti drumhead terlebih dahulu, suara drum Yamaha sangat jernih dan mempunyai tone yg bulat. So, bukan hanya sudah siap dimainkan sesudah keluar dari box, bahkan drum ini sudah siap rekaman.
Tuning range sangat luas dan walaupun drumheadnya adalah single, tapi daya tahannya luar biasa. Drumhead sebenarnya di buat oleh Remo secara ekslusive untuk dipasang pada setiap drum Yamaha. Head pada bass drumnya pun sudah mempunyai ring sehingga tidak memerlukan muffler atau peredam pada bass drum seperti busa untuk memperbaiki suara bass.

Kenapa hardware YAMAHA?
Hardware Yamaha terkenal dgn flexibilitas, ketangguhan, inovasi dan tentu saja... harga. Hardware Yamaha mempunyai kualitas yg lebih tinggi dari pada hardware drum mana pun. Tapi... mempunyai net price setengah dari hardware drum lainnya. Tidak percaya? Cek sendiri aja. :) Sebagai contoh, saya pernah melihat cymbal holder clamp dgn merk lain yg membuat pedal seri Iron Cobra dgn harga Rp 250.000, dan produk yg sama dgn merk yg tidak jelas dan finishing yg amburadul dgn harga Rp 120.000. Tapi ternyata harga dari hardware yg sama dgn merk Yamaha hanya Rp 60.000!!!
Cymbal stand yg saya gunakan juga sangat kokoh, yaitu seri CS 945. Saya pun dapat memodifikasikan drum saya menjadi unik dgn bantuan CSAT930.


OPERA SETUP



Pada Opera setup ini saya menggunakan tom 13" pada bagian kiri dengan tune yg sangat rendah. Penempatan tom pada sisi kiri ini berguna untuk memberikan nuansa yg lebih tegas pada saat memainkan groove atau hanya pelengkap fill in biasa.

Ada satu keunikan pada setup saya, yaitu pedal bass drum kiri (slave pedal) terletak pada sisi kiri pedal hihat. Jadi pedal bass tsb menyeberangi hihat yg terlihat di foto dibawah ini. Apa keuntungannya? Apa hanya sekedar gaya? Atau hanya menjadi ciri? Untuk pertanyaan yg terakhir mungkin ada benarnya juga. Secara tidak langsung, setup seperti ini menjadi ciri saya dan sudah mulai di adobsi oleh drummer lain seperti halnya, Demas. The amazing drummer boy.

Apa saja keuntungannya? Banyak sekali, here's the philosophy... Selama ini saya merasa tidak nyaman dgn posisi pedal yg traditional. Karena pemasangan double pedal, tiba2 posisi hihat menjadi jauh sehingga sulit dijangkau dan menjadi tidak nyaman. Dan para drummerpun melakukan hal yg menurut saya terbalik. Seperti pada saat mereka membutuhkan power dan kontrol untuk memainkan double pedal, kaki mereka terpaksa di sempitkan untuk meraih pedal. Sebenarnya posisi yg natural untuk mendapatkan balance dan power adalah dgn cara merenggangkan kaki seperti layaknya para Pesumo di Jepang. So, saya berpikiran untuk menaruh pedal kiri lebih jauh.

Nah, untuk mendapatkan rasa santai orang pun seharusnya merapatkan kaki. So, saya pun mendapat ide untuk menempatkan hihat hampir didepan snare sehingga pedal hihat dapat diraih dgn kaki yg rapat. Akhirnya, saya mempunyai ide 'gila' untuk menukar posisi antara pedal hihat dan pedal bass. Dan menamakan posisi ini sbg "Full Ergonomic".

Bukan kaki saja yg terasa nyaman, karena posisi hihat ada didepan badan maka dengan mudah saya dapat meraih dan memainkan hihat dengan leluasa. Maka dgn setup seperti ini maka keuntungannya adalah:
  • Hihat mudah di akses.
  • Pattern double pedal lebih mudah dimainkan dan powerfull.
  • Nyaman saat men-akses pedal hihat.
  • Sisi kiri pedal menjadi kosong dan kamu bisa menaruh pedal apa saja. (lihat setup clinic)
  • Ada beberapa pattern unik yg tidak bisa dimainkan di posisi biasa.
  • Posisi secondary snare (10" snare) bisa dirapatkan dengan snare 14". Bisa kamu lihat drummer2 lain yg menggunakan snare 10" tapi dgn setup traditional. Posisi snare 10" sangatlah jauh.

Apa salahnya kamu mencoba "Full Ergonomic" setup seperti ini. Tapi alangkah baiknya jika stand hihat kamu bisa dapat diputar kakinya.

CLINIC SETUP



Antara Opera setup dan Clinic setup hanya terletak pada jumlah pedal dan tom 13" yg diganti dgn Tymbalist 6" & 8". Setup clinic menggunakan at least 5 pedal, tambahannya yaitu 2 single pedal yg memakai Tambourine dan Jamblock. Sebenarnya saya masih memerlukan 2 pedal lagi yaitu pedal remote hihat dan pedal slava bass drum untuk secondary bass (tidak terpasang). Secara otomatis tuning tom 10" dan 12" pun ikut berubah mengikuti nada tymbalist.


OPERA HEAVY SETUP



Heavy setup ini di 'persenjatai' oleh 2 bass ukuran 22". Karena menggunakan 2 bass maka suara roll pada bass drum akan terdengar lebih tebal dan lebih nge-rock. Tapi ada kendala pemasangan hihat karena itu saya terpaksa menggunakan remote hihat. Setup seperti ini hanya digunakan pada saat2 tertentu dimana perlu 'fire power' yg lebih untuk tampil.

0 komentar:

Created by Windy Road - Blogger port by Blogger Templates